February 07, 2010

Tips dan Trik bisa lolos ke OSN dan IESO(Internasional EarthScience Olympiad)




OK, to the poit ajalah. Sebagai alumni Peserta OSN dan IESO, Saya akan sedikit mengasih tips dan trik supaya bisa lolos ke OSN dan ke IESO. Ini sedikit tipsnya semoga bermanfaat:

  • Pilih mapel yang kamu sukai dan kamu merasa bisa, mapel untuk OSN sendiri ada 8. Pilihlah yang paling kamu suka. Missal saya memilih kebumian/geosains
  • Setelah menentukan pilihan, persiapkan lah sejak dini untuk OSK(olimpiade sains kabupaten). OSK sendiri biasanya dilaksanakan sekitar bulan April tiap tahunnya. Jadi kamu bisa mempersiapkan sejak masuk tahun ajaran baru. Missal kamu masih kelas 1 SMA, kamu bisa mulai belajar sejak bulan juli untuk menghadapi OSK.
  • Cari cari silabus OSN dan cari materi yang relevan. Jangan hanya mengandalkan guru atau materi dari SMA. Materi OSN sudah di setting banyak di ambil dari materi kuliah. Jadi kamu harus cari materi ke kampus kampus sesuai yang ada di silabus. Contohnya untuk kebumian, materi mineralogy. Kamu tidak akan pernah bisa mendapatkan materi itu dari buku-buku SMA atau dari guru geografi kamu. Kamu harus mencari di universitas yang mempunyai jurusan geologi atau geofisika atau pertambangan.
  • Setelah dapat mateeri yang relevan, kamu tinggal belajar aja yang rajin.

Ini tipsnya mengerjakan soal OSK, terutama kebumian:
Kebumian soal OSK terdiri dari 100 pilihan ganda, +1 untuk jawaban benar da -0,5 untuk jawaban yang salah. Jadi kamu harus hati hati mengerjakannya.

  1. Doa dulu sebelum mengerjakan
  2. Sebelum mengerjakan, yakinkan dulu di hati kamu kalo kamu bisa mengerjakan dan lolos. Karena bila kamu yakin, maka otak akan bisa bekerja secara optimal.
  3. Kerjakan pertama yang menurutkamu gampang.
  4. Kalau tidak bisa, kamu jangan coba-coba jawab. Lebih baik dilewati dulu.
  5. Cek kembali bila sudah selesai mengerjakan.
  6. Baca doa setelah selesai.

Bila kamu lolos OSK, ini saya kasih tipsnya untuk menghadapi OSP(olimpiade sains provinsi)

  • Pertama kamu harus belajar lebih keras dari sebelum OSK. Karena apa??? Pada OSP ini system seleksinya sudah tidak berdasarkan quota seperti OSK, tapi berdasarkan passing grade secara nasional seluruh provinsi di Indonesia. Pada OSK, 3 teratas di setiap kabupaten lolos ke tingkat provinsi, tapi pada OSP sudah beda system. Missal passing grade nya 50, maka semua siswa peserta OSP dari seluruh provinsi di Indonesia yang nilainya lebih dari 50 akan lolos ke tingkat nasional. Hal ini membuat jumlah siswa yang lolos tingkat nasional jumlahnya antara provinsi satu dengan provinsi lain berbeda. Sebagai contoh, tahun 2008 jawa tengah dapat meloloskan 15 siswa kebumian ke tingkat nasional, jawa timur 13 siswa, jawa barat 8 siswa dan seterusnya.
  • Kalau untuk kebumian, soal OSP sudah terdiri dari pilgan dan Essay jadi kamu harus benar2 lebih menguasai materi.
  • Materi OSK,OSP,OSN masih berdasarkan silabus yang sama.
  • System penilaiannya juga masih sama dengan osp, benar +1, salah -0,5. Sedang essay nya tergantung yang mengoreksi berkisar 0-8 point untuk setiap nomernya.

Setelah OSP, liat pengumumannya sekitar 3minggu sejak OSP di http://siswapsma.org
Bagi kamu yang kamu lolos OSP, biasanya akan ada pembinaan dari masing masing provinsi, tapi ada juga yang provinsinya tidak melakukan pembinaan. Sebagai contoh OSN 2008, saya Tanya temen-temen yang dari luar jawa. Katanya provinsinya tidak melakukan pembinaan.
Bagi yang provinsinya tidak melakukan pembinaan jangan berkecil hari dulu, kamu masih bisa mendapat medali di OSN nanti asal kamu mau berusaha lebih keras.

Tips tips untuk sukses di OSN sama seperti di atas karena system penilaian juga masih sama. Akan tetapi di OSN ada tes praktek. Jadi kamu harus mempersiapkan untuk itu. Sebagai contoh kebumian. OSN kebumian memiliki 2 tes praktek, praktek lab dan praktek di lapangan. Jadi kamu harus berlatih untuk keduanya missal nama dan jenis batuan, kamu harus bisa mbedain mana basalt mana andesit kalo liat secara langsung. Terus tentang bentang alam dan struktur geologi. sesar, lipatan, kekar yang ada di lapangan dan di buku sangatlah berbeda, saya sendiri pada awalnya bingung, tapi bila sering berlatih lama lama juga gampang. Kata dosen dan asisten saya pas di pelatnas, itu tergantung “JAM TERBANG”.
Sekian dulu tips menghadapi OSK, OSP, dan OSN. Nanti akan saya postingkan tips menghadapi pelatnas supaya bisa lolos ke IESO.
Semoga bermanfaat…
Salam…

5 komentar:

assalamu'alaikum,,wr.wb. thanks bro,..

terima kasih banyak tips dan motivasinya, kebetulan saya tahun ini mau ikut seleksi di sekolah buat ikut osk 2016, mudah-mudahan saya bisa lolos, AMIINN....

Makasih banyak bro... Doain gua biar bisa lolos osn kebumian 2017.. Amiin..

Post a Comment