February 07, 2010

RANGKAIAN OSK, OSP, DAN OSN



Apa itu OSK??
Apa itu OSP??
Apa itu OSN??
Mungkin kata kata itu sudah lazim terdengar di Sekolah sekolah Kota yang Top. Tapi tidak jarang juga ada sekolah2 yang mungkin bisa dibilang tidak pernah tahu ketiga istilah itu, biasanya sekolah2 yang letaknya tidak di kota alias agak pelosok, saya sendiri tahu istilah2 itu saat kelas 2 SMA setelah mengikutinya.

Kembali lagi ke pengertian,
OSK, olimpiade Sains Kabupaten yang merupakan titik awal seleksi untuk olimpiade sains tingkat nasional dan juga titik awal untuk pemilihan Tim Olimpiade Indonesia yang akan dikirim di Olimpiade tingkat Internasional seperti IESO, IMO, IChO, IPhO, IAO, IOI, IBO dan lain2.
OSK setiap tahun biasanya diadakan sekitar bulan April.

Bagi para peserta OSK yang menjadi juara 1-3 di setiap kabupaten akan mengikuti OSP, Olimpiade Sains Provinsi. Ini merupakan kelanjutan dari OSK. Akan tetapi ada sedikit perbedaan dengan OSK. Kalau OSK, 3 orang teratas tiap maple di setiap kabupaten lolos ke tingkat provinsi. Sedangkan OSP, system pelolosan berdasarkan passing grade nasional. Missal maple kebumian, dari depdiknas passing grade nya 50, maka semua peserta OSP dari seluruh provinsi di Indonesia yang mempunyai nilai lebih dari 50 akan lolos ketingkat nasional, OSN. Hal ini membuat jumlah peserta dari provinsi satu dengan yang lainnya akan berbeda.

Terus bagi peserta yang lolos OSP akan megikuti OSN dan OSN tempatnya tiap tahun berbeda beda. Btw, apa sih OSN itu??
OSN singkatan dari olimpiade sains nasional. Ini merupakan event paling bergengsi untuk tingkat SD,SMP dan SMA. OSN sendiri mulai tahun 2008 terdiri dari 8 mapel yaitu kimia,fisika,biologi,matematika,astronomi,computer, ekonomi dan kebumian. OSN biasanya berlangsung sekitar 1 minggu. Dan penghargaan dalam OSN adalah medali. 5 medali emas, 10 medali perak dan 15 medali perunggu di setiap mapelnya. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan tabanas dari depdiknas.

Para peserta peraih medali tadi selanjutnya akan di panggil depdiknas untuk dibina dan di seleksi untuk Tim Olimpiade Indonesia melalui pelatnas tahap 1, pelatnas tahap2 dan pelatnas tahap 3. Bagi peserta yang lolos sampai pelatnas tahap 3 akan mewakili Indonesia di ajang olimpiade Intyernasional seperti yang saya tulis di atas seperti IJSO(SMP), IESO, IPhO, IChO, IBO, IMO dan lain lain.
Sampai di sini dulu ya..
Mengenai pelatnas akan sya postingkan juga dengan rinci dan tips tips sukses di pelatnas..
Salam…

8 komentar:

ass..! ^^ Kakak salam kenal nama saya Rina dari Ciamis :D dua minggu yg lalu saya ditunjuk buat OSK sama sekolah, oh iya..saya sekolah di SMAN2CIAMIS. alhamdulaillah waktu itu dapet rank ke 1 hhe,.menurut kakak gimana biar bisa sukses lagi di tingkat yg lebih tinggi seperti OSP & OSN ? hhe soalnya ini lomba pertama saya dibidang Geosains. Tolong masukannya ya kak ^^

salam kenal juga dex,, khusus untuk olimpiade kebumian itu bisa dikatakan beda dengan olimpiade mapel lain seperti matematika, fisika atau kimia yang memerlukan "BAKAT". kebumian tidak memerlukan bakat. hal yang paling penting kalao mau sukses Olimpiade kebumian adalah "SEMANGAT, RAJIN DAN KERJA KERAS". setiap hari sisihkan waktu untuk belajar kebumian kurang lebih 3-5 jam, ingat setiap hari ya.

Ka saya pertama kali ditunjuk di osk apa saran kaka agar saya bisa memanfaatkan kesempatan ini kak

Kak sy dtunjuk untuk OSK, apakah soalnya bebentuk PG/ Essay semua, apakah kalau nyontek gk ketahuan? :v (yg itu jk)

Kak saya ikut osk , 😊yaitu osk kebumian(geografi)gimna pendapat kakak? Apa sih yg pertama kali kta lakukan? Harus mempersiapkan diri atau gmna? Meski saya udh sering mengikuti nya mungkin ada pendapat yg bisa jadikan motivasi kedepan kak?

Assalamu'alaikum kk nama saya Tiana saya sdh beberapa kli mengikuti osk dan OSN tapi saya masih blm bsa mendapat kemenangan saya minta tolong saran nya kk bagaimana cara saya agar bsa mendapat juara

Post a Comment